Rabu, 19 Desember 2012

Laporan Keuangan


Laporan keuangan adalah catatan informasi keuangan suatu perusahaan pada suatu periode akuntansi yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja suatu perusahaan. Laporan keuangan merupakan hasil akhir dari proses akuntansi.
            Tujuan laporan keuangan adalah menyediakan informasi yang menyangkut posisi keuangan, kinerja serta perubahan posisi keuangan suatu perusahaan yang bermanfaat bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk pengambilan keputusan.

JENIS-JENIS LAPORAN KEUANGAN 

Menurut Pedoman Standar Akuntasi Keuangan (PSAK), laporan keuangan teridiri dari:
1. Neraca (Balance Sheet) yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang aktiva, utang, dan ekuitas perusahaan pada saat tertentu.
2. Laporan Laba Rugi ( Income Statement) yaitu laporan keuangan yang memeberikan informasi tentang hasil kegiatan operasi perusahaan (laba atau rugi) selama satu periode tertentu.
3. Laporan Perubahan Ekuitas (Owner's Equity Statement) yaitu laporan keuangan yang membetikan informasi tentang perubahan ekuitas atau modal pmilik selama periode tertentu.
4. Laporan Arus Kas (Cash Flow Statement) yaitu laporan keuangan yang memberikan informasi tentang penerimaan dan pengeluaran kas perusahaan selama periode tertentu.
5. Catatan atas Laporan Keuangan (Notes of Financial Statement) yaitu berupa informasi baik yang bersifat keuangan maupun non keuangan yang bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang kebijakan-kebijakan akuntansi yang digunakan oleh perusahaan, rincian pos-pos laporan keuangan, penjelasan kontrak-kontrak utang perusahaan dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar