Rabu, 19 Desember 2012

Satuan Makhluk Hidup Dalam Ekosistem


A) Individu
Makhluk hidup tunggal yang secara otonom dapat melakukan proses-proses kehidupan secara mandiri. Contohnya: sebatang pohon rambutan, seekor katak, dan serumpun padi.

B) Populasi
Kumpulan dari individu-individu yang terdiri dari satu spesies yang menempati wilayah tertentu, dalam waktu tertentu, mengandalkan sumber daya yang sama, dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang sama dan mempunyai kemungkinan yang tinggi untuk saling berinteraksi. Contoh: populasi pohon kelapa dikelurahan Tegakan berjumlah 2552 batang.

C) Komunitas
Kumpulan dari beberapa populasi yang saling berinteraksi, menempati suatu daerah dalam waktu tertentu. Contoh: Komunitas hutan jati dan komunitas padang rumput.

D) Ekosistem
Kesatuan fungsional antara makhluk hidup dengan lingkungan. Biasanya dibedakan berdasarkan habitat atau fungsinya. Contoh: ekosistem air tawar, ekosistem sawah, ekosistem terrestrial, dan lain sebagainya.

E) Bioma
Kesatuan ekosistem dalam skala yang luas yang dibedakan berdasarkan iklim, contoh: bioma hutan hujan tropis, bioma padang gurun, bioma taiga, dan bioma tundra.

F) Biosfer
Kesatuan ekosistem yang berada diseluruh permukaan bumi. Biosfer meliputi seluruh organisme dan lingkungan yang berinteraksi untuk memungkinkan berlangsungnya aliran energi dan siklus materi.

G) Habitat
Tempat tinggal organisme dialam. Misalnya: habitat berudu adalah diperairan yang tenang atau dikolam yang banyak tumbuhan airnya.

H) Relung/nisial/niche
Kekhasan tiap spesies dalam suatu ekosistem untuk memanfaatkan sumber daya biotik maupun abiotik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar